Indonesia memiliki beberapa tipe perumahan, salah satunya adalah desain rumah type 36. Keberadaannya semakin diminati masyarakat karena letaknya ada di kompleks khusus dengan harga yang terjangkau. Sayangnya, ingin dibuat seperti apa, banyak yang masih bingung.

Sekarang hilangkan kebingungan tersebut dan coba lihat beberapa model rumah tipe 36 pada bacaan berikut ini.

Hal-Hal yang Diperhatikan Sebelum Membangun Rumah

Sebelum membahas lebih jauh, alangkah baiknya mengetahui hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum membangun rumah. Mengingat bahwa rumah menjadi komponen yang utama dalam kehidupan untuk berlindung dari panas dan hujan. Jadi pembuatannya tidak bisa main-main.

Anda pun juga tidak boleh sembarangan dalam memilih jasa desain rumah untuk keluarga, karena hal ini nantinya bersifat bangunan permanen sehingga harus benar-benar diperhatikan dengna baik setiap detailnya.

1. Konsultasi dengan Ahli

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya, walaupun ini bersifat opsional tapi kalau berada di tangan yang tepat, hasil akan lebih bagus. Mungkin Anda sudah memiliki pandangan pihak mana yang bisa dipercaya dan mumpuni.

Mumpuni dalam artian bisa mencurahkan segala ide, pikiran serta sudah pengalaman dalam hal-hal teknis ketika membangun rumah. Anda juga bisa sharing informasi dengannya agar mendapatkan hasil yang lebih tepat.

2. Mempersiapkan Biaya

Membangun rumah memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, dibutuhkan perencanaan yang matang dengan menghitung terlebih dahulu anggaran biaya yang akan dikeluarkan untuk masing-masing komponen dalam pembangunan.

Biasanya RAB ini sudah masuk kedalam layanan ketika Anda menggunakan tenaga ahli dan menjadi hal paling awal yang akan dibahas karena menyangkut proses pembangunan, arahnya ingin dibawa kemana.

RAB membuat furniture, desain interior, eksterior dan bahan yang digunakan dalam membangun sebuah rumah. Tentunya apabila menggunakan tenaga ahli bisa lebih menghemat waktu karena Anda sebagai pemilik hanya tinggal mengawasi dan mempersiapkan dana saja.

3. Jangan Tergiur dengan Harga Murah

Harga murah untuk desain rumah type 36 memang tidak ada salahnya. Namun tetap perlu dicurigai karena zaman sekarang kebutuhan akan rumah meningkat sehingga struktur bangunannya pun juga turut meningkat.

Apabila ada yang menawarkan harga murah dan lebih dari setengah harga yang berlaku pada umumnya, maka patut dicurigai. Jangan-jangan komponennya memang tidak beres. Tentunya hal ini sangat membahayakan penghuni rumah karena rentan terjadi kecelakaan.

4. Tidak Melupakan Area Penting

Membangun rumah memang sudah seharusnya merancang ruang apa saja yang akan ada di dalamnya. Anda harus mempersiapkan kamar tidur, ruang makan, bermain dan masih banyak lagi yang lainnya.

Beberapa orang mengabaikan hal ini sehingga ketika rumah selesai dibangun, pengaturan ruang menjadi berantakan. Tidak ada space penyimpanan, tidak ada ruang yang cukup untuk mencuci baju bahkan dapur sangat sempit. Wah kalau sudah seperti ini tentu sangat menyusahkan ibu rumah tangga.

5. Mengatur Jumlah Lantai

Sekarang ini, model rumah emmang semakin berkembang dan Anda harus up to date untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Salah satu yang menjadi perhatian adalah desain 2 lantai. Lantai pertama untuk umum dan kedua untuk privat.

Pengaturan ini sangat bermanfaat bagi yang membeli area atau lahan terbatas untuk membangun rumah. Jadi tidak perlu khawatir lagi, tetap bisa dihuni oleh jumlah anggota keluarga yang cukup banyak.

6. Pikirkan Ventilasi atau Pencahayaan Dasar

Tahukah Anda bahwa ventilasi atau pencahayaan dasar adalah komponen penting dalam sebuah rumah. Jadi Anda harus memperhatikan ini sebelum membangunnya. Pikirkan dengan baik dimana jendela akan diletakkan, apakah menggunakan pencahayaan alami atau pendukung saja.

Jangan sampai rumah yang sudah dibangun menjadi gelap dan tidak nyaman. Selain itu ventilasi yang kurang juga akan mengganggu sistem pernapasan.

Jadi itu dia beberapa tips sebelum membangun rumah. Selanjutnya adalah hal yang paling ditunggu yaitu macam-macam desain rumah type 36 terbaru.

desain rumah type 36 Terbaru 2021

Sekarang masuk ke pembahasan inti, yaitu beberapa desain rumah type 36 terbaru dan kekinian yang bisa dicontoh:

  1. Desain Minimalis dengan Carport dan Taman

Desain Rumah Type 36 dengan carpot taman

Apabila diperhatikan, desain rumah diatas memang kecil, namun bukan berarti kebutuhan keluarga Anda tidak terpenuhi. Inilah fungsinya tata letak yang bagus jadi, sehingga fasilitas didalamnya tetap komplit walaupun di area terbatas.

desain rumah type 36 di atas sudah memuat ruang tamu, tempat makan, kamar tidur dan dapur. Menariknya sudah dilengkapi dengan taman yang langsung menyambung ke dapur dan carport minimalis yang ada di depan rumah.

  1. desain rumah type 36 dengan 2 Lantai

Desain Rumah Type 36 dengan 2 lantai

Seperti yang telah diketahui bahwa belakangan ini, desain rumah minimalis 2 lantai banyak diincar oleh pasangan muda atau orang yang baru saja menikah. Hal ini dikarenakan desain 2 lantai bisa menampung anggota keluarga dalam jumlah yang cukup.

Jika dilihat secara detail, pada bagian bawahnya terdapat dua kamar tidur, carport, dapur, dua kamar mandi, taman belakang dan depan serta tak ketinggalan ruang keluarga yang bisa juga difungsikan untuk menerima tamu.

Sedangkan di lantai atasnya terdapat dua kamar tidur lagi, ruang keluarga dan satu kamar mandi agar pemilik rumah tidak perlu repot-repot ke bawah untuk sekedar buang air kecil saja. Gunakan tangga minimalis untuk menunjang keindahan desain rumah type 36 ini.

  1. Desain Type 36 dengan Kolam Renang

Desain Rumah Type 36 dengan kolam renang

Selanjutnya adalah desain rumah dengan kolam renang di belakangnya. Desain ini sekaligus menjadi solusi bagi Anda yang tetap ingin berenang di area privat dengan lahan terbatas. Cermati dan atur tata letak ruangan sedemikian rupa.

Namun pastinya harus terdiri dari 2 lantai karena jika tidak, maka area kamar tidur akan terbatas. Bagian depannya bisa dimanfaatkan untuk menampung dua mobil sekaligus dan dipadukan dengan taman yang menambah kesan alami dan natural. Sampai sini bisa dipahami kan?

  1. Rumah Tipe 36 dengan Aksen Kayu

Desain Rumah Type 36 dengan aksen kayu

desain rumah type 36 selanjutnya adalah mengusung aksen kayu. Menjadi pilihan yang sangat tepat bagi pasangan muda yang belum memiliki anak. Desain ini hadir dengan pembagian yang sangat bagus.

Bisa dilihat bahwa kamar tidurnya sengaja dibuat luas agar pemiliknya bebas dalam melakukan aktivitas. Terkait strukturnya didominasi oleh kayu yang tidak hanya menambah eksan estetik tapi juga memberikan kenyamanan.

Jangan lupa untuk menambahkan jendela agar pencahayaan dari luar bisa masuk dan rumah menjadi lebih sehat. Dijamin deh akan terlihat luas dan tidak sumpek.

  1. Desain dengan Dapur Terbuka

Desain Rumah Type 36 dengan dapur terbuka

Kelima adalah desain dengan dapur terbuka yang membuat rumah menjadi lebih rapi dan luas. Bisa digabungkan dengan ruang makan dan keluarga agar kontraksi semakin intens dan mudah.

Desain dapur terbuka ini juga sudah dilengkapi dengan dua kamar tidur dengan area santai yang ada di belakang rumah. Anda bisa menambahkan furniture tambahan seperti kursi teras, meja kopi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun sekali lagi, desain ini bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan penghuninya. Bagaimana caranya agar  memberikan kesan nyaman, aman dan tidak mengganggu kebebasan walaupun ada di lahan yang sempit.

  1. Rumah dengan 2 Kamar Tidur Bersebelahan

Desain Rumah Type 36 dengan 2 kamar tidur

Selanjutnya adalah desain rumah type 36 dengan 2 kamar tidur yang bersebelahan. Sangat cocok bagi Anda yang sedang memiliki seorang bayi atau anak kecil karena semakin mempermudah pemantauan kegiatan apa saja yang dilakukan.

Selain itu, desain di atas juga sudah dilengkapi dengan taman yang ada di depan dan belakang rumah. Anak akan betah di rumah dan berlama-lama bermain disana. Bagaimana apakah Anda sudah terpikirkan dimana lokasi untuk membangun rumah tipe 36?

  1. Rumah Tipe 36 dengan 2 Kamar

Desain Rumah Type 36 dengan 2 kamar

Dua kamar memang patokan asli rumah sehat dengan tipe 36 ini, karena jika dipaksakan lebih dalam satu lantai, maka pemilik tidak akan leluasa dalam bergerak. Selain itu, desain ini juga sangat tepat bagi Anda yang tidak menyukai rumah terlalu luas.

Penambahan taman tentunya juga bisa menjadi pertimbangan yang matang agar tetap terlihat alami, segar, natural dan indah. Mintalah pendapat tenaga ahli agar Anda mendapatkan perhitungan yang tepat terkait ukuran (dalam jumlah meter) secara tepat.

  1. Rumah Tipe 36 dengan Pencahayaan yang Cukup

Desain Rumah Type 36 dengan pencahayaan cukup

Nah seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa salah satu ciri dari rumah sehat adalah yang memiliki pencahayaan yang cukup, sehingga udara bisa bebas masuk ke dalamnya dan tidak menimbulkan gangguan pernapasan.

desain rumah type 36 di atas bisa Anda contoh. Jika diperhatikan, masing-masing ruangannya ada ventilasi udara dan dilengkapi dengan kaca agar tetap aman, termasuk di bagian toiletnya. Kapan lagi mendapatkan rumah idaman yang sehat, nyaman dan aman jika bukan sekarang?

  1. Rumah Tipe 36 Tanpa Teras

Desain Rumah Type 36 tanpa teras

Teras untuk rumah tipe 36 ini memang bukan menjadi komponen yang wajib karena keterbatasan tanah. Beberapa orang memilih untuk memaksimalkan ruangan yang ada dan lebih diprioritaskan dibanding yang lain.

Sebagai gantinya, tanaman bisa digantungkan baik di area depan, belakang atau dalam rumah jika ingin tetap memasukkan unsur alami. Mungkin, Anda juga bisa menanam sedikit rumput agar tidak terlalu gersang. Bagaimana sampai sini apakah bisa dipahami?

  1. Rumah Tipe 36 Tanpa Garasi

Desain Rumah Type 36 tanpa garasi

Kalau desain rumah type 36 yang satu ini, sudah pasti menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang tidak ingin dan tidak terlalu butuh dengan kendaraan besar, khususnya mahasiswa yang ingin belajar dengan tempat yang nyaman.

Sebagai gantinya, halaman depan bisa diisi dengan berbagai tanaman agar terlihat lebih cantik dan segar. Jangan lupakan pijakan untuk menuju ke ruang utama ya agar lantai tidak cepat kotor dan kebersihan rumah terjaga.

  1. Tipe 36 dengan 1 Kamar

Desain Rumah Type 36 dengan 1 kamar

Kalau desain yang satu ini, biasanya dipilih oleh para mahasiswa atau pekerja swasta yang ingin mandiri dengan membangun rumah pribadi. Desainnya sangat simple dengan kamar tidur single. Kelebihannya adalah tidak membutuhkan biaya yang cukup banyak.

Apalagi jika Anda tidak membutuhkan banyak barang. Pengeluaran di bidang furniture bisa ditekan dan digantikan dengan yang lain.

  1. Tipe 36 dengan Taman Indoor

Desain Rumah Type 36 dengan taman indoor

Terakhir adalah desain rumah type 36 dengan taman indoor. Biasanya digunakan oleh masyarakat yang sering bekerja di dalam rumah seperti penulis, content creator atau yang lainnya. Tujuan dari taman itu sendiri agar tidak membuat penghuni rumah cepat bosan dan menyegarkan pikiran.

Apabila Anda tidak ingin ribet dalam mencari desain rumah type 36, memikirkan struktur bangunan, mencari pekerja dan lain sebagainya, maka bisa mempercayakannya di Bim Desain. Semua sudah dirancang dengan rapi dan peluang mendapatkan rumah impian terbuka lebar. Jadi tunggu apalagi, segera hubungi ya!


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *