Setiap hunian membutuhkan atap yang berfungsi untuk melindungi ruangan yang ada di bawahnya. Atap juga berkontribusi dalam memperindah tampilan luar rumah. Maka, mencari inspirasi dari gambar atap rumah tampak depan ini sangat penting agar dapat merancang atap sesuai keinginan.

Beruntung, model atap rumah bervariasi sehingga memudahkan dalam memilih atap yang paling sesuai dengan gaya rumah. Setiap model atap memiliki karakteristik khas sehingga perlu mengetahui dulu satu per satu karena pengaruh atap berlaku jangka panjang pada hunian.

Gambar Atap Rumah Berdasarkan Modelnya

Bagi yang akan membangun hunian idaman, anda pastinya butuh jasa desain nantinya. Dan gambar atap berikut cocok dijadikan sumber inspirasi:

1. Atap Pelana

Disebut dengan atap pelana karena atap ini berbentuk seperti pelana kuda. Terdapat dua sisi miring sedangkan dua sisi lain berupa dinding yang ujungnya berbentuk segitiga.

Pada gambar ini, atap pelana yang digunakan tergolong model yang umum dan sederhana. Kemiringannya dibuat antara 300 – 400 melalui penghitungan yang cermat.

gambar atap rumah pelana 1

Selain atap pelana standar, ada juga tipe lain yang disebut dengan dutch gable roof. Model atap ini memiliki tambahan atap pelana berukuran lebih kecil pada bagian jurai luar, seperti pada gambar.

gambar atap rumah pelana 2

Tujuannya untuk menambah ruang atau membuat ruang kosong di atas rumah semakin lapang. Atap pelana memiliki keunggulan dari segi kesederhanaan desain dan kemampuannya mencegah kebocoran karena tidak menyebabkan genangan air hujan.

2. Atap Datar Modern

Bagi yang menginginkan rumah bergaya modern, maka atap datar bisa dipertimbangkan. Jenis atap ini mendukung bentuk rumah sederhana namun fungsional yang menjadi ciri khas desain modern.

Pada gambar atap rumah atap datar ini, modelnya cocok dijadikan penutup rumah bertingkat. Kesan modern sekaligus minimalis terasa menonjol.

gambar atap rumah modern 1

Atap datar juga serasi untuk dipasang pada rumah berlantai 1. Desainnya dibuat bertumpuk sehingga terlihat lebih estetik dari luar.

gambar atap rumah modern 2

Kelebihan atap datar yaitu gampang dibersihkan dan bisa disulap menjadi taman outdoor atau teras yang unik.

3. Atap Datar Kayu

gambar atap rumah KAYU 1

Jenis atap datar bisa dibuat dari material kayu untuk memunculkan kesan natural dan unik pada eksterior hunian. Kayu merupakan material yang kokoh dan tahan lama sehingga cocok dijadikan shelter tempat tinggal.

Modelnya beragam, bisa dibuat melebar sampai area beranda rumah. Tujuannya untuk memberikan perlindungan pada area outdoor.

gambar atap rumah KAYU 2

Selain itu, atap datar dari kayu juga cocok dipasang di beranda depan rumah lengkap dengan tiang penyangga. Menghadirkan atap berelemen kayu membuat suasana rumah terasa lebih hangat dan nyaman.

4. Atap Limas

Jika menginginkan rumah bergaya minimalis, maka gambar atap rumah limas ini bagus untuk ditiru.

gambar atap rumah limas 1

Model atap limas terlihat sederhana namun elegan. Atap limas merupakan penyempurnaan dari jenis atap pelana dengan mempertahankan sisi miring namun didesain lebih cantik.

gambar atap rumah limas 2

Tidak harus seluruh bangunan rumah, atap limas juga cocok digunakan untuk bagian beranda depan saja. Seperti pada gambar, perpaduan antara atap limas di depan dan atap datar di belakang menghasilkan tampilan rumah yang elegan.

5. Atap Kubah

gambar atap rumah kubah

Umumnya, atap kubah dipasang pada bangunan tempat ibadah, seperti masjid dan gereja. Namun, hunian bergaya modern ranch mengadopsi model kubah menjadi atap yang terlihat menarik dan khas.

Dari segi tampilan eksterior, atap kubah memang mengagumkan. Hanya saja, struktur yang dimiliki cukup rumit. Bahan material yang dibutuhkan pun lebih bervariasi dibandingkan atap yang simple seperti pelana.

6. Atap Kupu-Kupu

Tipe atap selanjutnya adalah atap kupu-kupu atau butterfly roof. Disebut demikian karena bentuk atapnya menyerupai sayap kupu-kupu yang sedang direntangkan sempurna.

Terlihat pada gambar, butterfly roof terdiri dari dua sisi atap miring yang saling bertemu di titik tengah. Jika dipadukan dengan model atap datar di bagian bawah, maka jendela tinggi dapat dibuat.

gambar atap rumah kupu kupu

Butterfly roof juga cocok diterapkan pada rumah bertingkat yang minimalis. Gambar atap rumah kupu-kupu ini terlihat unik.

Salah satu kelebihan atap kupu-kupu adalah memungkinkan penghuni rumah untuk menampung air hujan. Wadahnya memanfaatkan bagian tengah atap. Air tersebut bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

7. Atap Gergaji

gambar atap rumah gergaji

Sebutan atap gergaji diambil dari bentuk atap yang bergerigi layaknya tepian gergaji. Bangunan beratap gergaji terlihat sangat menarik.

Hanya saja, model atap gergaji paling sering diterapkan pada bangunan pabrik. Namun, atap gergaji mulai diminati sebagai shelter tempat tinggal pribadi.

Selain full menggunakan model yang sama, atap gergaji juga serasi dipadukan dengan model lain seperti atap pelana.

8. Atap Gambrel

gambar atap rumah gambrel

Atap gambrel merupakan model shelter rumah yang berasal dari Belanda. Penggunaannya sudah populer sejak lama sehingga identik dengan hunian bergaya klasik.

Seperti terlihat pada gambar atap rumah gambrel, hal yang mencirikan adalah adanya dua sudut kemiringan yang berbeda, satu sudut dibuat landai sedangkan sudut lain dibuat tajam.

Pada bagian jurai luar, atap gambrel dapat ditambah dengan jendela beratap miring. Selain mempercantik tampilan rumah, fungsi lain yaitu memperluas bagian dalam rumah.

Atap gambrel ternyata juga cocok untuk rumah berukuran kecil. Desain atapnya sangat sederhana tanpa penambahan jendela di bagian jurai luar.

9. Atap Sandar

Penyuka hunian yang asimetris, pasti akan tertarik menggunakan atap sandar sebagai penutup bangunan. Atap sandar merupakan jenis atap yang terdiri dari satu bidang miring yang menempel pada dinding vertikal. Model atap ini menjadikan rumah terkesan lebih unik.

gambar atap rumah sandar

Jika memiliki hunian bertingkat, atap sandar lebih cocok untuk penutup lantai atas. Sedangkan bangunan bawah boleh menggunakan atap datar atau atap limas seperti pada gambar.

Selain itu, atap sandar sangat ideal untuk rumah berukuran besar dengan halaman yang luas. Kesan megah, kontemporer dan unik terasa menonjol.

Gambar atap rumah berdasarkan jenisnya dapat digunakan sebagai referensi untuk mendesain penutup rumah yang sesuai keinginan. Pastikan untuk memilih jenis atap dengan mempertimbangkan faktor seperti desain bangunan, luas lahan atau karakteristik wilayah sekitar.

Agar menghindari perancangan dan pembuatan atap rumah yang salah kaprah, maka tim ahli dari bimdesain.com siap membantu. Atap hunian impian akan terwujud dengan material terbaik dan proses pengerjaan yang sesuai prosedur.

Categories: Jasa desain

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *