Selama ini taman yang ada di depan rumah itu sering dianggap sebagai fungsional saja. Sehingga semua penghuni rumah dalam membuat taman terkesan asal-asal dan tidak seuai model yang ada. Karena posisinya di depan rumah tentu akan membuat orang yang melihat terkadang tidak begitu memperhatikan karena dari sisi tamannya saja sudah tidak menarik.

Dengan itu, kamu perlu melakukan suatu perombakan besar pada bagian taman rumah ini. Tujuan dari perombakan ini karena taman ini ibarat orang itu adalah wajahnya sehingga perlu adanya perawatan dan juga desain yang menarik. Banyak sekali desain taman depan rumah Sidoarjo yang menarik dan mampu membuat orang yang melihat terkesima.

taman depan rumah Sidoarjo

Model Taman Depan Rumah Sidoarjo

Untuk berbagai model taman yang akan dipaparkan ini tentu jangan asal memilih tetapi kamu perlu disesuaikan dengan desain rumah. Dengan kesesuaian dengan desain rumah tentu keberadaan taman ini akan begitu berasa di hati orang yang melihatnya.

Kombinasi Bebatuan dan Vegetasi Pada Taman

Dalam membuat taman banyak orang yang terkadang lebih memfokuskan diri pada jenis tanamannya saja. Sehingga, mereka berlomba-lomba untuk mencari tanaman terbaik untuk dibuat dan diletakkan di taman tersebut. Tindakan seperti ini memang ada benarnya tetapi tidak ada salahnya untuk diberikan kombinasi di dalamnya.

Kamu tidak harus memfokuskan diri pada jenis tanaman tetapi juga bisa menambahkan elemen lain seperti bebatuan. Dengan kombinasi keduanya ini tentu akan membuat taman di depan rumah terlihat menarik dan juga bagus. Untuk menambah kesan yang begitu bagus kamu bisa menambahkan lampu di bagain tengah dengan cahaya warna kuning.

Model Non Vegetasi

Model taman kali ini masih ada hubungannya dengan model sebelumnya dimana lebih banyak memanfaatkan bebatuan. Perbedaannya hanya pada bagian batunya dimana di model pertama itu batu yang ada dibuat begitu besar sedangkan di model ini lebih banyak memanfaatkan batu koral.

Jadi batu koral tersebut ditata sedemikian rupa untuk membuat seperti kolam dan tentunya mencari batu terbaik dalam bentuk yang kecil. Di tengah penataan batu ini bisa kamu seperti jalan setapak untuk membuat orang yang melihatnya tidak perlu menginjak batu koral tersebut. Sedangkan untuk bagian tanaman diletakkan di bagian batu koral dan bagian samping dari taman tersebut.

Taman Fungsional

Model taman selanjutnya ini agak berbeda dengan model lainnya dimana taman satu ini dibuat untuk bersantai. Jadi di satu sisi bagian ini dimanfaatkan untuk taman depan rumah tetapi juga di bagian tengah terdapat ruang santai outdoor. Di ruang tersebut tentu dalam memilih tempat duduk harus dengan bahan yang keras seperti besi atau lainnya.

Karena konsepnya depan rumah tentu kamu bisa membeli perabot tersebut satu set lengkap dengan meja dan beberapa kursinya. Selain itu, di bagian sisi-sisinya bisa kamu tempati beberapa tanaman seperti bunga-buang atau juga pohon beringin. Dengan gabungan seperti ini tentu akan membuat taman semakin menarik dan bisa digunakan untuk bersantai bersama keluarga tercinta.

Model Taman Simetris

Jika kamu menginginkan suatu yang yang berbeda dari yang lain dan ada kesan elegan tentu model taman ini pilihannya. Dikatakan berbeda karena tidak banyak taman di depan rumah dengan model seperti ini. Jadi kamu hanya perlu menggunakan batu setapak di beberapa bagian yang ada untuk digunakan oleh orang yang ingin melihat taman lebih dekat.

Sedangkan taman yang ada itu dibuat simetris dan juga seperti bertingkat di bagian tengahnya. Jadi khusus di bagian tengah itu perlu memilih tanaman yang kecil-kecil agar proses pembentukan taman begitu terasa simetrisnya. Sedangkan untuk bagian sisi taman bisa juga berbagai tanaman apapun selama bukan tanaman yang menjalar ke dinding.

Model Air Mancur

Bagi kamu yang ingin memanfaatkan taman sekaligus sebagai tempat wisata kecil-kecilan tentu model ini jawabanya. Sebab model taman satu ini juga lebih banyak memanfaatkan bebatuan yang ada dan dibuat melingkar serta bertingkat. Jadi lingkaran di atas di buat lebih kecil dan di lingkaran kedua dibuat lebih besar, begitu seterusnya.

Selanjutnya dari atas juga bisa kamu alirkan air dari atas, sehingga taman ini bisa juga disebut air terjun kecil-kecilannya. Sedangkan di bagian atasnya juga bis ditempati tanaman hias atau juga di sisi kanan dan kiri tempat air mancur tersebut. Dengan model seperti ini tentunya akan membuat rumah terasa lebih menarik dan juga bisa menjadi pemandangan yang indah di luar rumah.

Model Bertingkat Dan Dinamis

Model taman satu ini sangat cocok untuk rumah yang posisinya agak tinggi dari daratan. Dengan posisi seperti ini tentu di bagian bawah rumah masih banyak space space yang bisa dimanfaatkan untuk taman. Kamu bisa memanfaatkan lahan tersebut dengan berbagai taman dan dibuat bertingkat.

Dengan model bertingkat ini tentu di setiap tingkatnya bisa ditanami tanaman hias atau tanaman obat. Inti dari konsep taman ini adalah dibuat bertingkat dan di bagian sisi-sisnya dibuat dengan dinding dan bukan dari batu. Dengan konsep seperti ini tentu akan terasa sangat natural sekali juga terlihat sangat dinamis.

Taman Dengan Aksen Kayu Hangat

Jika umumnya berbagai taman lain lebih memanfaatkan tanaman, tetapi model satu ini lebih banyak memanfaatkan kayu. Jadi kayu-kayu tersebut dibuat seperti anak tangga untuk menuju ke rumah serta di bagian sisi-sisi taman juga dibuat persegi. Di dalam persegi tersebut dibuat taman kecil yang berisi tanaman dan juga  batu-batu kecil.

Selain itu, di bagian tengah juga diberikan lampu warna kuning untuk memberikan kesan yang lebih menarik. Perpaduan itu semua mampu membuat taman tersebut begitu kental nilai klasiknya. Apalagi, pada bagian aksen kayu ini di cat dengan warna yang agak gelap seperti coklat tua atau warna kental lainnya.

Taman Dengan Keasrian Dan Kesegaran

Dalam membuat taman ini tentu tidak harus terlalu mementingkan pada bagian vegetasi saja. Tetapi kamu bisa membuat taman tersebut lebih kreatif lagi dan juga perlu adanya taman yang lebih asri dan juga segar. Untuk taman yang seperti ini tentu kamu bisa mengatur penataan tanaman yang tepat agar begitu terasa segarnya.

Untuk memudahkan, kamu bisa menempatkan aksen kayu di bagian tengah dan bagian sisi kanan dan kini bisa ditempati tanaman tanpa pot. Selain itu di bagian depan kamu juga bisa membuat taman dalam bentuk persegi panjang lalu ditanami berbagai tanaman yang juga tanpa pot. Dengan konsep taman yang seperti ini tentu akan mampu menghadirkan suasana yang lebih segar dan juga asri.

Itulah beberapa desain taman depan rumah Sidoarjo yang bisa kamu coba di rumah masing-masing. Dalam proses pembuatan taman ini tentu harus lebih mementingkan kreativitas setiap orang. Namun, dari gambaran desain di atas tentu kamu sudah bisa mengonsep seperti nantinya taman yang tepat untuk rumah yang kamu tempati sekarang.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *