Berbicara masalah kanopi, mungkin hampir semua orang memanfaatkannya dengan berbagai keperluan. Misalnya saja untuk membuat teras di rumah, memasang balkon, membuat carport, menambah sisi dapur outdoor, dan berbagai keperluan lainnya tergantung dari si pemilik.

Canopy murah surabaya

Bahkan juga sekarang ini bahan-bahan kanopi sudah berkembang sangat pesat dan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Misalnya membuat teras dan tempat duduk-duduk untuk restoran outdoor, atau bahkan membuat tenda knockdown untuk pesta ulang tahun, pernikahan, dan lain sebagainya.

Kanopi sangat membantu untuk beberapa fungsi tambahan yang dapat melindungi benda di bawahnya dari terik matahari dan hujan. Meskipun ruang yang dihasilkan masih bernuansa semi outdoor karena biasanya tidak dilengkapi dengan dinding. Dengan adanya kanopi Anda tetap dapat menikmati ruang luar tanpa takut basah terkena hujan atau kepanasan terpanggang matahari.

Dari segi estetika kanopi ini juga sangat membantu menambah rumah kelihatan lebih cantik. Dengan adanya tambahan bentuk yang menaungi rumah maka dapat menambah kesan nyaman dan juga terlindungi.

Konstruksi Kanopi

Sebelum Anda memasang kanopi sebaiknya mengetahui terlebih dahulu bagaimana kanopi dipasang, material yang digunakan, dan juga strukturnya. Seperti bangunan pada umumnya, memasang kanopi juga memerlukan struktur rangka yang dapat menahan beban material, beban angin agar struktur tersebut tidak rubuh. Maka dari itu Anda harus memilih struktur yang tepat.

Saat membicarakan masalah struktur, maka dapat dibagi menjadi 3 bagian yaitu pondasi, dinding, dan atap. Untuk konstruksi kanopi, beban yang paling berat adalah di bagian atap. Selain tergantung pada jenis material konstruksi yang digunakan, hal ini juga akan tergantung dari bahan penutup atap kanopi.

Bila dibandingkan dengan konstruksi rumah secara umum, maka konstruksi kanopi tidaklah terlalu berat. Bagian pondasi cukup dengan membuat lubang galian sekitar 30 cm x 30 cm dan memasukkan konstruksi tiang baik itu berupa kayu, besi, baja, dan material lain yang ingin Anda gunakan. Setelah itu Anda bisa melakukan pengecoran dengan beton untuk memperkuat konstruksi pondasi. Jika ingin lebih kokoh, Anda bisa menggunakan konstruksi beton bertulang untuk tiangnya. Meski hal ini harus disesuaikan dengan luasan dan kekuatan struktur yang Anda inginkan. Anda sudah mendapatkan struktur pondasi dan tiang.

Untuk jumlah tiang dan pondasi yang Anda gunakan akan sangat bergantung pada ukuran kanopi yang Anda inginkan. Semakin lebar dan besar ukuran luas kanopi tersebut, maka akan membutuhkan titik struktur, jumlah material yang lebih banyak lagi. Anda bisa menanyakan hal ini kepada ahli konstruksi jika dirasa masih membingungkan. Ada banyak ahli konstruksi canopy murah surabaya yang bisa Anda jadikan referensi dan konsultansi terkait hal ini.

Untuk bagian atap terdiri dari 2 komponen yaitu material rangka dan penutup atap kanopi. Rangka atap penting dibuat sebagai tempat struktur penampung penutup atap. Selain itu juga akan membuat konstruksi seimbang secara keseluruhan.

Bagian rangka atap Anda bisa menggunakan besi, baja, kayu seperti penggunaan tiang. Rangka atap dibuat untuk menyambungkan dan mengikat antara tiang dan menempatkan bahan penutup atap. Maka dari itu semua beban yang ada akan tersalur secara merata ke masing-masing tiang lalu disalurkan ke tanah. Hal ini akan membuat struktur lebih stabil.

Material Canopy murah surabaya

Setelah memahami struktur maka Anda bisa memilih material dan bahan yang Anda gunakan. Masing-masing material memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Anda juga harus mengetahui terkait hal ini agar dapat memutuskan dengan lebih tepat material yang ingin Anda gunakan.

1. Material Polycarbonate

Material ini merupakan salah satu yang cukup digemari di Indonesia. Harganya relatif murah, materialnya ringan, mudah diaplikasi dan pemasangannya, cukup awet dan tahan lama. Anda juga bisa membentuknya dengan mudah jika menginginkan bentuk lengkung. Selain itu material ini tahan sekitar 5-10 tahun hingga akhirnya akan rusak.

Tersedia berbagai macam warna dan juga model untuk atap ini. Selain itu juga kualitasnya beragam sehingga akan ada pilihan grade kualitas dari yang terbaik hingga yang paling kasar kualitasnya. Meskipun kualitas yang paling buruk masih tetap akan bertahan hingga 5 tahun. Selain itu Anda juga masih bisa mendapatkan sinar matahari di bawah naungan material ini karena sifat materialnya yang masih bisa tertembus matahari sekitar 40%.

Pilihlah material yang memiliki lapisan UV protection sehingga warnanya tidak akan menguning jika terkena sinar matahari. Perawatannya juga cukup mudah, yaitu hanya dengan rajin membersihkan bagian yang kotor dan berlumut jika sudah sering terkena sinar matahari dan air hujan.

Meskipun terkadang atap ini rawan bocor apabila teknik pemasangannya tidak benar. Terlebih memasang menggunakan paku, akan mudah terlepas dan bocor. Maka dari itu gunakanlah ahli konstruksi canopy murah surabaya agar kualitas yang Anda dapatkan lebih terjamin.

2. Material Kaca

Material penutup kanopi yang satu ini akan menghasilkan kesan yang mewah, berkelas dan elegan. Kaca yang digunakan juga merupakan kaca yang tebal dan juga berkualitas baik. Pemasangannya tidak terlalu sulit, hanya membutuhkan orang yang ahli di bidang kaca dan besi atau baja. Sambungan atap tentu akan dipasang dengan menggunakan bor dan karen untuk mencegah terjadinya kebocoran.

Meski material ini menghasilkan tampilan yang mewah, harga material dan pemasangannya juga cukup mahal. Selain itu material ini jika pecah akan sulit untuk diperbaiki kembali karena Anda harus mengganti material kacanya. Selain itu kaca mudah menghitam dan berlumut jika tidak sering dibersihkan. Anda harus rajin membersihkannya jika menggunakan material ini.

3. Material Spandex

Sedangkan material yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang tidak menginginkan terlalu banyak perawatan dalam pemasangan atap kanopi. Harganya juga sangat murah. Bahan spandex memiliki bahan yang mirip seng yakni seperti besi tipis, hanya bentuk penampangnya agak berbeda dengan seng. Kelebihannya juga spandex memiliki anti karat sehingga tahan terhadap korosi. Sebenarnya material ini merupakan gabungan dari material aluminium, silikon, dan seng dalam bahasa teknik sering disebut zyncalume.

Material ini memiliki beberapa kekurangan yaitu menghantarkan panas karena bahannya dari konduktor. Maka dari itu ruangan di bawahnya juga akan terasa panas. Selain itu tidak ada sinar matahari yang bisa menembus material ini. Sehingga apabila Anda membutuhkan material yang dapat ditembus sinar, spandex bukanlah pilihan yang tepat.

4. Material Membrane

Jika Anda pernah melihat konstruksi penutup atap seperti kain dan plastik yang berwarna putih, itulah yang disebut dengan membran. Material ini cukup mahal akan tetapi tampilan yang dihasilkan sesuai dengan harganya. Materialnya juga cukup kuat, tidak mudah sobek, dan tidak dapat ditembus oleh sinar matahari.

Membran cocok dikombinasikan dengan baja putih sehingga terlihat elegan, mewah, dan berkelas. Material ini cukup sulit untuk dipasang oleh sembarang tukang. Maka dari itu Anda harus memanggil ahli membran untuk memasangnya. Pilihlah distributor dan ahli canopy murah surabaya yang terpercaya.

Categories: Kanopi

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *