Apakah kamu pernah membayangkan bagaimana rencana dan pengerjaan proyek desain interior kantor? Ternyata, perencanaan proyek ini tidak hanya sekedar dekorasi semata, namun juga dengan renovasi, dan rekonstruksinya juga. Tentunya dalam tahap perancangan interior kantor paling pundamental ini diharapkan bisa berjalan sesuai dengan keinginan.

Namun pada kenyataannya, ada banyak sekali kerumitan yang dihadapi ketika sedang mendesain interior kantor ini. Tapi Kamu tidak perlu khawatir, karena keseluruhan dari tahapan dan proses desain ini bisa Kamu lakukan secara online, sehingga akan lebih memudahkan Kamu dalam mengerjakannya.

Tahapan Perencanaan Interior Kantor

Dalam membuat desain dari sebuah ruangan, terlebih untuk kantor, maka akan dibutuhkan adanya konsep yang cukup matang. Tujuannya adalah agar perencanaan desain interior kantor ini bisa tercipta sesuai dengan keinginan dan memberikan hasil yang tidak mengecewakan tentunya.

Dalam membuat perencanaan interior kantor memang tidak semudah yang Kamu bayangkan, namun Kamu bisa menggunakan jasa dari seorang desainer hkamul atau bisa dengan belajar langsung dari ahlinya. Nah, berikut ini ada beberapa tahap perancangan interior kantor yang bisa Kamu coba.

1. Programming Desain Interior

Tahapan perancangan desain interior kantor yang pertama adalah pemrograman desain interior. Tahap ini merupakan bagian terpenting dalam perencanaan desain interior. Dimana pada tahap ini, seorang desainer akan bertemu untuk pertama kalinya dengan klien untuk membahas terkait dengan perancangan desain interior yang Kamu inginkan.

Nah, ketika desainer tersebut berusaha untuk memahami keinginan dan keseluruhan dari proyek desainer interior kantor yang Kamu inginkan, maka saat itu pulalah desainer tersebut akan mengajukan banyak sekali pertanyaan. Pertanyaan yang akan diajukan kepada klien ini adalah pertanyaan yang relevan dengaan rancangan desain interiornya.

Tujuannya adalah untuk mendukung dan mendiskusikan konsep dari desain interior kantor yang Kamu (selaku klien) inginkan. Semua proses ini akan dilakukan secara online melalui aplikasi chatting messenger, social media, via telepon atau beberapa aplikasi percakapan lain yang sudah disepakati sebelumnya.

Dengan kemudahan yang diberikan ini tentunya akan membuat komunikasi antara pihak desainer dengan Kamu (selaku klien) bisa berjalan lebih maksimal dan bisa disesuaikn dengan rencana. Selain itu, waktunya pun akan jauh lebih fleksibel.

2. Pengumpulan Referensi Desain Interior

Setelah Kamu melewati tahap programming, maka hal selanjutnya yang harus dilakukan dalam perancangan interior kantor adalah pengumpulan referensi desain interiornya. Kamu bisa mencari referensi dari sumber manapun. Dengan begitu, maka Kamu bisa menyesuaikannya dengan keinginan Kamu.

Nah, referensi ini nantinya bisa Kamu diskusikan dengan pihak desainer untuk pemilihan desain interior terbaik. Hasil diskusi inilah yang nantinya akan memberikan desain interior terbaik dan tentunya akan sesuai dengan keinginan desain pada kantor Kamu.

Pengumpulan referensi ini bisa Kamu dapatkan melalui rekomendasi rekan atau saudara, atau bisa juga Kamu cari sendiri melalui media cetak maupun medi elektronik. Ada banyak sekali sumber referensi yang menyediakan contoh desain interior untuk kantor yang tentunya akan sangat membingungkan Kamu nantinya.

Untuk itu, sangat penting bagi Kamu memberikan hasil referensi desain interior tersebut keada pihak desainer agar bisa didiskusikan lagi dalam mendapatkan hasil akhir yang tentunya akan sesuai dengan keinginan Kamu dalam mendesain interior kantor Kamu.

3. Pembuatan dan Pengembangan Desain Interior

Tahap perancangan interior kantor selanjutnya setelah tahapan programming dan pengumpulan referensi desain interiornya, maka Kamu bisa melanjutkannya dengan pembuatan dan pengembangan desain.

Tentunya, segala hal yang memang ada dan dirasa dapat mendukung keseluruhan dari rencana proyek desain interior kantor ini bisa tersampaikan dengan yang namanya komunikasi.

Pengembangan rencana ruang, tata letak, rencana penggunaan furniture, pemilihan warna, hingga instalasi elemen dekorasinya bisa berjalan dengan baik dan hasilnya bis sesuai dengan keinginan Kamu apabila dikomunikasikan dengan baik juga.

Tahap ini juga sering disebut dengan fase dimana setiap rancngan akan dibuat dalam sketsa desain awal. Dalam tahap ini, Kamu juga bisa melakukan evaluasi untuk berbagai jenis perbaikan mupun perubahan yang memang dianggap perlu untuk dilakukan agar hasilnya bisa sesuai dengan keinginan.

Pembuatan dan pengembangan desain interior ini bisa Kamu dan pihak desainer lakukan dengan menggunakan sumber referensi yang sudah Kamu ajukan sebelumnya. Dari sinilah, jika memang desain interior yang Kamu ajukan disetujui ole pihak desainer, maka akan segera dilakukan pengembangan perancangan desain interior kantornya.

4. RAB Desain Interior

Nah, setelah rencana desain interior kantor Kamu sudah disetujui, maka saatnya Kamu memikirkan terkait RAB yang diperlukan untuk desain interior kantor Kamu tersebut. Tujun dari penetapan RAB ini adalah adalah agar proses dan tahapan selanjutnya bisa dengan mudah Kamu lakukan bersama dengan tim desainer Kamu.

Dokumen pentinga terkait dengan instruksi yang detail tentu akan bermanfaat sebagai rincian dari proyek desain interior kantor Kamu tersebut. Selain dokumen yang berisikan detail rencana proyeknya, Kamu juga perlu menyertakan sejumlah dafta belanja atau RAB yang dibutuhkkan untuk keperluan proyek desain interior kantor.

Tidak hanya itu, Kamu juga tentu akan membutuhkan bantuan dari petugas lain. Dimana petugas inilah yang akan membantu Kamu dalam mencatat segala detail belanjaan yang diperlukan dalam perancangan interior kantor Kamu tersebut. Semua biaya ini akan tercatat secara rapi dan terperinci, sehingga Kamu bisa dengan mudah mengeceknya.

5. Konstruksi dan Instalasi

Setelah semua tahap perancangan interior kantor diatas Kamu lakukan dengan benar, maka sekarang saatnya untuk melakukan konstruksi dan instalasi desain interior kantor yang sesuai dengan keinginan Kamu.

Desainer akan memberikan panduan secara bertahap dan mendetail terkait dengan perancangan interior kantor Kamu tersebut. Tujuannya adalah agar Kamu tidak mengalami kesulitan sedikit pun ketika sedang melakukan perancangannya, meskipun panduan ini hanya diberikan melalui media online saja.

Jika memang Kamu sudah memutuskan untuk memilih dan menggunakan jasa yang expert dalam membantu proses instalasi desain interior kantor Kamu, maka Kamu bisa mendapatkannya di penyedia jasa desain yang terbaik. Tentunya jasa desain terbaik akan memberikan apa yang Kamu inginkan dengan semaksimal mungkin.

Pihak desainer pun akan terus memantau seluruh pekerjaan instalasi desain interior kantor Kamu secara real time dan online. Dengan begitu, maka Kamu pun tidak perlu merasa khawatir akan hasil akhir yang tidak sesuai dengan rencana desain interior dan keinginan Kamu sebelumnya.

Jika memang akan dan harus ada perubahan dalam instalasinya, maka Kamu bisa segera mendiskusikannya dengan pihak desainer. Semua hal tentunya bisa didiskusikan bersama untuk mendapatkan hasil akhir yang sesuai dengan keinginan Kamu.

Konstruksi dan instalasi ini bisa dilakukan secara bersama dengan keputusan terbaik atas saran terbaik pula. Hal ini juga tidak terlepas dari sumber referensi desain interior kantor yang sebelumnya Kamu ajukan dan sudah diterima.

6. Tahap Akhir dan Penyelesaian

Sebelum Kamu benar-benar merasa puas akan hasil akhir dari proyek desain interior kantor yang dikolaborasikan dengan pihak desainer hkamul sebelumnya, maka Kamu juga masih memerlukan beberapa hal penting dan sedikit evaluasi untuk membicarakan mengenai detail kecil yang memang diperlukan.

Dalam tahap ini, Kamu bisa menambahkan atau mengurangi, bahkan merevisi detail yang memang tidak sesuai dengan keinginan Kamu akan perancangan desain interior kantor yang sebelumnya. Semua hal yang memang perlu untuk diperbaiki akan segera diperbaiki sebelum hasil finish disetujui.

Selain detail yang mungkin tertinggal dari rencana awal Kamu terkait dengan perancangan interior kantor, maka Kamu dan pihak desainer juga perlu untuk membicarakan terkait perawatan dan pemeliharaan yang dibutuhkan dan harus dilakukan dari desain interior tersebut.

Hal ini termasuk keharusan yang perlu Kamu lakukan bersama tim desainer Kamu. Tujuannya adalah untuk mendapatkan hasil akhir yang memang sesuai dengan keinginan awal Kamu terkait dengan desain interior kantor impian Kamu tersebut.

7. Serah Terima

Setelah tahap perancangan interior kantor terakhir sudah Kamu dan pihak desainer selesaikan, maka akan ada yang namanya serah terima. Proses serah terima ini akan dilakukan oleh pihak desainer kepada Kamu selaku klien.

Proses serah terima ini merupakan tahapan akhir dari perancangan desain interior kantor paling pundamental. Ketika sudah tidak ada lagi hal dan detail yang perlu direvisi, maka saa itulah serah terima akan dilakukan.

Yang perlu Kamu garis bawahi adalah ketika proses serah terima ini dilakukan, maka tidak akan ada lagi yang namanya revisi dan komplain. Karena semua itu sudah harus diselesaikan pada tahap akhir dan penyelesaian. Untuk itu, sebelum Kamu benar-benar masuk dalam tahap serah terima, periksa segaala sesuatunya dengan detail.

Tujuannya adalah agar tidak ada kekecewaan yang timbul setelah semua sudah finish. Hal ini tentu akan menguntungkan bagi kedua belah pihak, baik untuk Kamu sebagai klien, maupun untuk pihak desainernya sendiri.

Tentunya, semeua keputusan dan ketetapan atas akhir dari desain interior kantor Kamu akan dibicarakan dan didiskusikan terlebih dahulu. Meski pun memag hal ini tidak akan menutup kemungkinan bahwa akan ada hal yang membutuhkan adanya pertemuan dan diskusi offline

Nah, kesimpulan yang bisa Kamu peroleh dari perancangn desain interior yang sudah Kamu buat sebelumnya cukup beragam. Diantaranya adalah sebegai berikut.

  • Desain interior yang dihdirkan dalam sebuah kantor tentu bisa menentukan dan membuat para pekerjanya meras betah berada lama di dalam kantor tersebut.
  • Desain dari kantor juga haruslah nyaman. Oleh sebab itu, sebaiknya Kamu perhatikan kebutuhan akan penggunanya, baik secara psikis maupun secara psikologis.
  • Alur dari sebuah desain interior kantor dalaam suatu perancangan perlu Kamu perhatikan dengan baik. Tujuanya adalah untuk menciptkan suatu ruang kerja yang lebih produktif tanpa perlu membuang banyak waktu dan tenaga.
  • Dalam perancangan desain interior kantor, maka pemilihan warna pun menjadi salah satu hal penting untuk Kamu perhatikan. Hal ini dikarenakan warna juga bisa mempengaruhi mood seseorang ketika berada di dalam kantor tersebut.
  • Selain itu, fentilasi udara dan pencahayaan alami juga sangat penting bagi para penghuni kantor. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempertimbangkan dengan tepat terkait alur sirkulasi udara dan sinar matahari yang masuk ke kantor agar tetap berkualitas.

Dan inilah ketujuh tahap perancangan interior kantor paling pundamental yang perlu Kamu pahami dan ketahui. Semoga penjelasan ini bermanfaat, dan selamat mencoba


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *